Curug sahyang taraje di garut selatan

Foto : nativeindonesia.com
Curug sahyang taraje di garut selatan - buat orang jawa barat khusus nya garut, bandung, tasik dan sekitarnya mungkin sudah tahu dengan wahana wisata alam air terjun sahyang taraje yang memukau ini, dengan panorama alam yang alami, sejuk, dan indah yang di miliki wisata ini akan membuat orang yang berkunjung tidak akan pernah bosan mengunjungi kembali wisata air terjun ini. Lokasi dan letak yang berada satu jalur dengan tempat wisata lainnya seperti curug orok, curug kembar, dan wisata andalan garut lainnya yaitu pantai santolo dan pantai sayang heulang membuat anda bisa berwisata 1 paket di garut selatan.



Legenda / mitos 


Kata sahyang adalah merupakan sebutan kehormatan untuk para raja / dewa pada jaman dulu, sedangkan kata taraje dalam bahasa sunda artinya tangga, jadi kalau di simpulkan secara umun "sahyang taraje" berarti tangga yang di gunakan para raja / dewa untuk menuju khayangan. Baca juga ( Wisata pantai pangandaran ciamis)

Sedangkan mitos lain nya adalah erat kaitannya dengan sangkuriang dan dayang sumbi. Konon di  dekat curug tersebut ada sebuah batu  berbentuk tapak raksasa  sangkuriang, akan tetapi hanya orang orang tertentu yang dapat melihatnya.

Dan batu yang berada di bawah air terjun sahyang taraje sendiri menurut cerita warga adalah tempat penyimpanan bintang ( harta karun ) sangkuriang yang di jaga belut raksasa.

Lokasi  curug sahyang taraje


Berada di perbatasan  desa pakenjeng kecamatan pamulihan dan desa jatiwangi kecamatan pakenjeng kabupaten garut provinsi jawa barat. Dan jarak dari pusat kota garut adalah sekitar 47 km.

Ketinggian curug sahyang taraje adalah 660 mdpl dengan ketinggian air terjun 82 meter.


Untuk menuju ke wahana wisata ini dari pusat kota garut anda harus mengambil rute garut - cikajang setelah sampai di pertigaan kota cikajang ambil jalur kanan yang menuju kecamatan bungbulang. Selanjutnya setelah anda melewati curug orok anda akan melewati kampung cisadaan desa pananjung kecamatan pamulihan, terdapat pertigaan anda harus belok kanan menuju desa pakenjeng.

Untuk jalan sendiri di tahun 2017 ini sudah cukup bagus dan yang jelas sarana dan prasana nya pun sudah di tingkat kan oleh pihak pihak terkait. Jadi jangan khawatir bagi anda yang mau berwisata ke curug sahyang taraje garut ini.







2 comments:

Berkomentarlah dengan baik dan sopan dan tidak mangandung SARA, FORNOGRAFI. Terima kasih . wisatagoogle.ga