Wisata terbaik pantai pangandaran ciamis di jawa barat

www.sobatpetualang.com
Pantai Pangandaran merupakan sebuah objek wisata andalan Kabupaten Pangandaran (pemekaran dari Kabupaten Ciamis) yang terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, tepatnya di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Pantai ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa menurut AsiaRooms.


Tentang Pantai Pangandaran, Jawa Barat IndonesiaSunting

Kabupaten Pangandaran
Berada di Selatan Jawa Barat dengan ibu kota Parigi. Sebuah kabupaten hasil dari pemekaran Kabupaten Ciamis, memiliki banyak destinasi tujuan Pariwisata dan saat ini Pemerintah Daerah sedang berpacu untuk terus membuat Kabupaten Pangandaran ini lebih di kenal di mata Nasional maupun Internasional.
Pangandaran berawal dari sebuah cerita yang di ambil dari kata Pangan dan Daran yang memiliki arti Pangandaran = Makanan dan Daran tempat bersandar nya para Pendatang. Dan menjadikan Pangandaran menjadi sebuah daerah bagi para pendatang, berada di selatan Jawa Barat.
Sejarah dari Pangandaran
Para sesepuh terdahulu memberi nama Desa Pananjung, menurut para sesepuh dahulu disamping terdapat tanjung didaerah ini banyak terdapat keramat dibeberapa tempat. Pananjung artinya dalam bahasa sunda Pangnanjung-nanjungna (paling subur atau paling makmur) baca juga (Curug sahyang taraje garut)
Pada tahun 1922 jaman atau masa penjajahan Belanda oleh Y. Everen, Presiden Priangan pada waktu itu Pananjung dijadikan taman baru, pada saat melepaskan seekor banteng jantan, tiga ekor sapi betina dan beberapa ekor rusa.
Karena memiliki keanekaragaman satwa dan jenis – jenis tanaman langka, agar kelangsungan habitatnya dapat terjaga maka pada tahun 1934 Pananjung dijadikan suaka alam dan marga satwa dengan luas 530 Ha.  Pada tahun 1961 setelah ditemukannya Bunga Raflesia padma status berubah menjadi cagar alam.
Dengan meningkatnya hubungan masyarakat akan tempat rekreasi maka pada tahun 1978 sebagian kawasan tersebut seluas 37, 70 Ha dijadikan Taman Wisata.  Pada tahun 1990 dikukuhkan pula kawasan perairan di sekitarnya sebagai cagar alam laut (470,0 Ha) sehingga luas kawasan pelestarian alam seluruhnya menjadi 1000,0 Ha.  Perkembangan selanjutnya, berdasarkan SK Menteri Kehutanan No. 104?KPTS-II?1993 pengusahaan wisata TWA Pananjung Pangandaran diserahkan dari Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam kepada Perum Perhutani dalam pengawasan Perum Perhutani Unit III Jawa Barat, Kesatuan Pemangkuan Hutan Ciamis, bagian Kemangkuan Hutan Pangandaran.
Tradisi Budaya
Bukan Pangandaran jika tidak ada Ronggeng Gunung, Wayang Golek, Wayang kulit, Kuda Lumping dan Sintren. Salah satu budaya sunda yang menjadi tradisi bagi masyarakat Pangandaran.
Alternatif Menuju Pangandaran
Melalui Udara
  • Kamu bisa menggunakan pesawat Susi Air menuju Pangandaran, dari Jakarta (Bandara Halim Perdana Kusuma)
Melalui Darat dengan Bus
  • Jakarta melalui terminal kampung rambutan, Kamu bisa menggunakan bus Gapuraning Rahayu
  • Bekasi melalui terminal bekasi timur, Kamu bisa menggunakan bus Budiman
  • Bandung banyak alternative Kamu bisa melalui agen bus Budiman atau ke pool bus budiman di daerah Cibiru atau melalui terminal Cicahem
  • Yogyakarta menggunakan transportasi travel Estu atau saat ini Budiman sudah membuka trayek Yogyakarta ke Pangandaran dan bisa melalui terminal Yogyakarta
Menggunakan Kereta Api
  • Banyak alternative jika Kamu menggunakan Kereta Api ke Pangandaran, Kamu bisa melalui kota Jakarta (Stasiun Pasar Senen)
  • Bandung, Yogyakarta atau Surabaya dan perlu Kamu ketahui ada 2 titik stasiun yang bisa Kamu tuju, Stasiun Banjar (Banjar Patroman) perlu waktu sekitar 1,5 jam menggunakan Bus umum untuk menuju Pangandaran atau Kamu bisa tuju stasiun Sidareja perlu sekitar 1 jam menuju Pangandaran dengan bus umum
Destinasi Wisata di Pangandaran
  • Pantai Timur
Berada di semenanjung barat Pangandaran dan cocok untuk liburan keluarga. Selain berenang, wisatawan bisa menumpang kapal menuju taman laut untuk menikmati snorkeling dan memancing. Pantai ini juga dikelilingi cagar alam yang menjadi habitat satwa lokal (monyet, rusa, kebo, dan banteng). Curug Pananjung, bunga Rafflesia Arnoldi, dan lapangan banteng adalah spot paling menarik di cagar alam tersebut. Merupakan tujuan terbaik untuk olahraga air yang lebih ekstrem, seperti jet ski dan banana boat. Selain pesona laut, Pantai Timur juga memiliki pusat seafood dan pasar ikan segar terbaik di Pangandaran.
  • Pantai Barat
Salah satu lokasi paling favorit dan bahkan menjadi ikon utama pariwisata Pangandaran adalah pantai pasir putihnya Lokasi dimana ada hamparan pasir putih ini adalah spot yang paling banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan. Disana pengunjung bisa bermain pasir, berfoto, bermain air dan bahkan ada juga yang berenang. Tahukah anda bahwa sebagian orang mengatakan jika dengan berwisata di pasir putih ini akan memberikan kesan serasa kita sedang berwisata di Pulau Dewata Bali. Dengan begitu, jika belum punya uang untuk berkunjung ke Bali, berkunjunglah terlebih dahulu ke pantai pasir putih ini. Di pantai ini banyak wisatawan yang mengunjungi nya, pantai yang berada di pesisir selatan jawa barat
  • Green Canyon atau Cukang Taneuh
Terletak di Desa Kertayasa – Cijulang (31 km dari Pangandaran), Green Canyon mengajak wisatawan menyusuri celah 2 tebing batu dengan perahu berkapasitas 6 orang di atas sungai yang mengalir menuju gua. Pemandangan bagaikan surga berwarna serba hijau berkilau siap menemani wisatawan selama penyusuran ini.
  • Pantai Batu Karas
Pantai ini berada di desa Batu Karas, Cijulang (30 kilometer dari Pangandaran). Umumnya pantai ini menjadi destinasi saat menunggu Green Canyon dibuka. Pantai Batu Karas memiliki kontur landai dengan arus yang beragam. Selain cocok untuk berenang, pantai ini juga memiliki spot yang bagus untuk selancar. Beberapa orang percaya ombak pantai ini memiliki kekuatan untuk menyembuhkan penyakit.
  • Pantai Batu Hiu
Kenapa dinamakan Batu Hiu ? Alasannya karena di pantai ini terdapat sebuah batu yang berbentuk seperti sirip ikan hiu. Pantai ini terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, kurang lebih berjarak 15 Km sebelah barat kawasan Wisata Pangandaran.
  • Citumang
Citumang Pangandaran merupakan salah satu destinasi wisata dari seluruh destinasi yang ada di Pangandaran. Dewasa ini objek wisata citumang tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal tetapi juga telah banyak di kunjungi wisatawan dari mancanegara sehingga kini namanya menjadi Green Valley Citumang agar lebih mendunia.
  • Goa Lanang
Goa Lanang berawal dari sejarah Prabu Anggalarang mendapat julukan sebagai pangeran lanang yang berada di dusun cikawung, desa selasari, kecamatan Parigi, Pangandaran. Dia kemudian memilih goa untuk dijadikan sebagai tempat untuk pemerintahannya. Maka dari itulah, sampai sekarang goa tersebut disebut dengan sebutan goa lanang.
  • Jojogan
Pada mulanya Jojogan hanya tertuju kepada dua lokasi yaitu Kedung Bunder dan Crug Jojogan. Wisatawan yang hany untuk berenang, setelah dikembangkan sekarang ini jojogan ternyata memiliki potensi wisata lain, diantaranya : Goa Lawan, Kali Numpang, Kedung Cilik, Kebun Anggrek, Jeep Off Road semua potensi wisata tersebut di kembangkan sehingga dari hari ke hari jumlah kunjungan wisata ke Jojogan terus meningkat yang akhirnya agar lebih familiar nama jojogan berubah menjadi Wonder Hill Jojogan agar lebih di kenal oleh Dunia.
  • Taman Nasional Cagar Alam
Dilihat dari sejarahnya Cagar Alam Pangandaran dahulunya merupakan  Kawasan Konservasi Sumber Daya Alam Pangandaran semula merupakan tempat perladangan penduduk. Tahun 1922, ketika Y. Eycken menjabat Residen Priangan, diusulkan menjadi Taman Buru. Pada waktu itu dilepaskan seekor Banteng, 3 ekor Sapi Betina dan beberapa ekor rusa. Karena memiliki keanekaragam satwa yang unik dan khas serta perlu dijaga habitat dan kelangsungan hidupnya maka pada tahun 1934, status kawasan tersebut diubah menjadi Suaka Margasatwa dengan luas 530 ha. Tahun 1961, setelah ditemukan bunga Raflesia Fatma yang langka, statusnya diubah lagi menjadi Cagar Alam. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan tempat rekreasi, maka pada tahun 1978, sebagian kawasan tersebut (37,70 ha) dijadikan Taman Wisata. Pada tahun 1990 dikukuhkan kawasan perairan di sekitarnya sebagai Cagar Alam Laut (470 ha), sehingga luas seluruhnya menjadi 1.000 ha.
  • Santirah River Tubing
Santirah atau yang lebih dikenal dengan nama Green Santirah merupakan objek wisata baru yang ada di Pangandaran, tetapi meskipun baru bukan berarti santirah sepi pengunjung Semenjak dipopulerkan pada bulan Maret 2014 Sungai Santirah telah banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Sungai Santirah yang terletak di Desa Wisata Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran ini merupakan Objek Wisata yang dibuka oleh Pemuda Karang Taruna dan warga disekitar Desa Wisata Selasari. Bila wisatawan kurang berani dengan arus sungai Green Canyon yang deras maka Paket Santirah Body Rafting dapat menjadi solusinya. Selain lebih aman dari segi arus sungai, Pemandangan yang disuguhkan pun tidak kalah asri. Terlebih dengan ditambah hamparan sawah yang hijau semakin menambah keasrian tempat wisata ini.
Sumber dan editor : www.travelpangandaran.com


Event pariwisata yang biasa digelarSunting

  • Hajat Laut, yakni upacara yang dilakukan nelayan di Pangandaran sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka terhadap kemurahan Tuhan YME dengan cara melarung sesajen ke laut lepas. Acara ini biasa dilaksanakan pada tiap-tiap bulan Muharam, dengan mengambil tempat di Pantai Timur Pangandaran.
  • Festival Layang-layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) dengan berbagai kegiatan pendukungnya yang bisa kita saksikan pada tiap bulan Juni atau Juli.

FasilitasSunting

UmumSunting

  1. Lapangan parkir yang cukup luas
  2. Pelayanan pos, telekomunikasi dan money changer
  3. Pramuwisata dan pusat informasi pariwisata pangandaran
  4. Bumi perkemahan
  5. Sepeda dan ban renang sewaan
  6. Parasailing dan jetski
  7. Waterboom

HotelSunting

AksesibilitasSunting

Untuk sampai di Pantai Pangandaran wisatawan bisa menggunakan dua jalur:
  • Jalur Darat Menggunakan Bus
  1. Bus Jurusan Bandung - Tasikmalaya-Banjar - Pengandaran
  2. Jakarta Bus Jurusan Kp.Rambutan - Pangandaran
  3. Bus Yogyakarta - Cilacap - Kalipucang - Pangandaran #Bus Jurusan Lubuklinggau - Pangandaran - Cijulang
  4. Bus Solo - Cilacap - Kalipucang - Pulau Pangandaran
  • Jalur Udara Menggunakan Pesawat Susi Air
  1. Bandung Bandara Husen Sastranegara - Pangandaran Bandara Nusawiru
  2. Jakarta Bandara Halim Perdanakusuma - Pangandaran Bandara Nusawiru.

Sumber : wekepedia
Sunting



Sunting





No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan dan tidak mangandung SARA, FORNOGRAFI. Terima kasih . wisatagoogle.ga